Kamis, 16 Juni 2016

Pengalaman Seleksi PPA BCA



Halo, teman-teman! Apa kabar? Semoga sehat selalu, ya. Di postingan kali ini, aku ingin berbagi informasi sekaligus pengalaman dalam mengikuti tes Seleksi Program Pendidikan Akuntansi/Program Pendidikan Teknologi Informasi (PPA/PPTI)–program yang aku pilih adalah Program Pendidikan Akuntansi (PPA). Nah, untuk kalian yang tidak tahu apa itu PPA silakan baca keterangan di bawah, ya.

Program Pendidikan Akuntansi (PPA) setara S1 non gelar yang diselenggarakan BCA merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) dari BCA. PPA BCA dirancang khusus untuk memberikan kesempatan bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang akuntansi. Pendidikan diberikan oleh para dosen dari sejumlah universitas terkemuka dan bertempat di BCA Learning Institute selama 30 bulan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan langsung ke website Karir BCA di sini.

***

Pendaftaran seleksi PPA BCA dilaksanakan online, calon peserta diminta untuk mengisi formulir yang ada di website dan mengirim file yang berisi nilai rapor SMA–file yang dikirim berupa Form Excel yang sudah disediakan oleh BCA. Aku sendiri mendaftar PPA sekitar Agustus 2015 akhir dan baru awal November menerima SMS dari pihak mereka untuk mengikuti Seleksi PPA/PPTI yang pertama pada tanggal 12 November 2015.

Pada tes seleksi yang pertama, tes yang diujikan adalah tes psikotes. Dalam satu hari akan dilaksanakan tahap 1 dan 2 dengan menggunakan sistem gugur, jadi mereka yang mengikuti psikotes tahap 2 adalah mereka yang berhasil lulus di psikotes tahap 1. Isi dari psikotes tahap 1 terdiri dari menghitung jumlah kubus bertumpuk, wacana sederhana, melanjutkan pola barisan angka, gambar yang saling berhubungan, hitungan dasar (tambah, kurang, kali, bagi), matematika sederhana seperti SPLDV yaitu menentukan umur, harga barang, dll. Soal di psikotes tahap 1 cukup banyak sedangkan waktu yang diberikan terbatas, maka dari itu kita memerlukan kecepatan dan ketelitian dalam mengerjakan soal.

Setelah beberapa jam menghabiskan waktu dengan kertas-kertas soal, kita diberikan waktu istirahat sambil menunggu pengumuman siapa saja yang lulus ke tahap 2. Oh, iya, di waktu istirahat peserta dikasih makanan gratis, lho! Baik banget ‘kan mereka? He he, beberapa menit setelah beberapa dari kami selesai makan maupun salat, pengumuman pun ditempel di depan ruangan tes kami. Dari sekitar 25-an orang (maaf, sudah lupa) ternyata ada nama Salsabila Shafa Rahma di sana! Ih, kaget, nggak nyangka banget Ya Allah. I was so happy and nervous at the same time. Aku pun buru-buru mengirim SMS ke mama dan meminta doa yang terbaik.

Berbeda dengan psikotes tahap 1 yang menekankan akademis seseorang, pada psikotes tahap 2 lebih mengarah ke kepribadian seseorang. Tes yang ada berupa tes wartegg, menggambar pohon, membuat paragraf tentang cita-cita, menjawab pertanyaan sederhana, dan tes kraeppelin. Nah, di tes psikotes tahap 2 ini sudah mulai berasa banget capeknya, terutama untuk tes terakhir yaitu tes kraeppelin atau yang biasa dikenal dengan tes koran–beuh, sampai rumah leherku langsung pegal-pegal karena kelamaan nunduk! Ha ha, but it was a good experience for me! Untuk tes-tes yang sudah aku sebutkan silakan Google saja ya untuk informasi lebih lanjut!

Aku senang sekaligus lega banget setelah selesai tes psikotes yang memakan waktu seharian itu. Aku juga senang karena dengan tes psikotes PPA BCA aku dapat bayangan bagaimana tes psikotes untuk melamar pekerjaan nanti. Oleh karena itu, aku sempat berpikir entah lulus atau tidak, mengikuti tes psikotes PPA BCA benar-benar pengalaman yang menyenangkan dan juga bermanfaat. Kalian harus coba juga ya kalau ada kesempatan! 

***

Beberapa minggu kemudian aku ditelpon oleh pihak PPA/PPTI untuk mengikuti interview 1 pada tanggal 3 Desember 2015 di BCA Banjarmasin. Waktu menerima telpon, perasaanku benar-benar campur aduk. Eh, iya? Masa, sih, aku lulus? Benar-benar unexpected! Tapi, ya, Alhamdulillah, aku bersyukur karena aku termasuk dalam tiga orang yang lulus dari tes psikotes 2. 

Waktu itu aku diminta untuk datang jam 2 siang, cuma giliran dipanggil untuk wawancaranya sekitar jam 3. Untuk dress code bebas, dua temanku dari sekolah lain masih pakai baju seragam, sedangkan aku pakai batik dan celana kain–karena aku pikir kalau pakai baju seragam yang sudah dipakai seharian bakalan gerah dan bikin aku nggak enak selama interview. So, yeah, kalau kalian akan mengikuti interview pakailah pakaian yang kalian rasa nyaman tapi tetap harus sopan dan rapi.

Pada interview 1 ini aku ditanyai tentang aktivitas sehari-hari mulai dari bangun pagi sampai tidur kembali. Selain itu pewawancara juga menanyakan tentang keluarga terutama orangtua, mulai dari pekerjaan, sifat atau hal apa yang kita sukai dan kurang sukai dari orangtua, sampai lebih dekat dengan siapa di antara ayah dan ibu. Pewawancara juga bertanya mengenai kegiatan dan prestasi di sekolah, pelajaran yang disukai atau tidak sukai beserta alasan, serta pertanyaan-pertanyaan seputar teman dekat.

Pertanyaan-pertanyaan pada interview 1 ini cenderung mengarah kesehariaan dan kepribadian kita. Kita akan lancar menjawab kalau kita menjawab pertanyaannya dengan jujur. Ingat, ya, jujur! Jangan berbohong atau menambahkan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan karena bisa saja pewawancara akan menanyai hal tersebut lebih lanjut dan nantinya kita malah bingung mau jawab gimana. Jangan lupa juga untuk senyum dan rileks selama interview, ya. Setelah selesai interview, aku pun pamit dan pewawancara bilang untuk informasi kelulusan akan langsung dihubungi lewat telpon.

***

Beberapa hari kemudian aku dapat telpon kembali dari pihak mereka yang memintaku untuk mengikuti interview 2 pada tanggal 21 Desember 2015. Alhamdulillah, ternyata dari tiga orang peserta, aku dan salah seorang temanku lulus untuk mengikuti interview yang kedua ini. Nah, menurutku pada interview 2–masih di tempat yang sama dengan pewawancara berbeda–topik yang dibicarakan kurang lebih sama saja dengan interview 1 namun kita diminta untuk lebih mantap lagi dalam menjawabnya.

Di sini selain kita ditanyai kembali tentang kegiatan kita di sekolah, pekerjaan orang tua dan sifat-sifat mereka, kita juga diminta untuk mendeskripsikan sifat yang ada pada diri kita, yang baik maupun buruk. Kemudian, kita juga ditanyai tentang kegiatan organisasi yang kita ikuti di sekolah serta bagaimana cara kita membagi waktu untuk belajar. Kita juga ditanyai apa alasan dan motivasi kita mengikuti program ini dan seandainya kita lulus bagaimana jurusan serta cita-cita yang sudah kita inginkan sebelum kita tahu dengan program ini.

Jujur, aku merasa sangat nyaman berbicara dengan pewawancara kedua ini, mungkin belajar dari interview sebelumnya kali ya? He he. Alhamdulillah, aku berhasil melewati interview 2 ini dengan hati yang tenang, I had so much fun talking with interviewer although it just through a skype!

***

And I never been so much speechless and shocked at the same time in my life ketika aku kembali ditelpon oleh pihak mereka untuk mengikuti Medical Check Up pada 29 Desember 2015. Aku pun langsung memberi tahu mamaku karena dia paling semangat dan mendukung aku untuk ngambil program ini. Dengan bermodalkan Bismillah, aku pun mengikuti serangkaian Medical Check Up dan kemudian mengirimkan hasilnya ke BCA. 

Meskipun dengar-dengar mereka yang sudah mengikuti Medical Check Up sudah pasti lulus, aku masih harap-harap cemas. Aku kayak masih nggak nyangka sudah melewati berbagai macam tes. Sampai pada tanggal 26 Januari 2016 aku diminta ke BCA Banjarmasin untuk melakukan tanda tangan kontrak. Ah, senang banget! It tooks me like 5 months to get this Accounting Scholarship Program! I’m so thankful and I just feel lucky.  

***

Aku pernah bilang seperti ini di salah satu postingan blog-ku, “Mungkin saja Tuhan mempunyai rencana yang lebih tepat untuk kehidupanku kedepannya. Kita tidak pernah tahu rencana-Nya ‘kan? Aku percaya bahwa masih banyak pintu yang terbuka lebar untuk aku, selagi aku masih mau berusaha dan meyakinkan diri kalau aku dapat mewujudkan apa pun yang aku inginkan.”

Teman-teman, aku sudah membuktikan kalau Tuhan selalu mempunyai rencana yang lebih besar dari rencana kita. I’m moving on from every failure that I received last year because I believe if one door closes, God will open another door as long as I keep moving forward. We plan, Allah also plans. He has a bigger plan for me than I had for myself: I might not get what I want, but I believe I get what I need. Rencana Tuhan memanglah yang terbaik selama kita nggak pernah berhenti berusaha, berdoa, and leave the rest to Him.


Jadi, untuk kalian, jangan pernah berhenti berusaha! Kalau ada kesempatan, take that and fight for it. Untuk kalian yang tertarik mengikuti program ini, semangat dan semoga berhasil! Biar tambah semangat, aku kasih lihat gedung BCA Learning Institute yang ada di Sentul.  


Bagaimana? Keren, ‘kan? Dalamnya lebih keren lagi, lho. Jadi, untuk kalian yang sedang mencari beasiswa Akuntansi (atau mungkin Teknik Informatika), silakan coba program ini, ya. Selama pendidikan 30 bulan beasiswanya penuh, bahkan biaya administrasi SMA semester 6 diganti sama mereka.

Perlengkapan kuliah seperti buku, kamus, dan kalkulator sudah disediakan selama di sana. Terus, waktu kuliah kita dikasih coffee break setiap pagi, makan siang, dan snack di sore hari, sama dikasih uang saku juga setiap bulan. Oh, iya, beasiswa ini untuk lulusan SMA/SMK dengan usia maksimum 20 tahun ya. Akhir kata ada sebuah kutipan untuk para pejuang di luar sana, 


“The hardest battle you will ever have to fight is between you are now and who you want to be.”


***



Terima kasih sudah berkunjung, semoga postingan ini bermanfaat untuk kalian semua ya. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Web Karir BCA mengenai FAQ PPA PPTI BCA di sini. Sekian dari aku, if y’all have any question or want to share the same thing like me, feel free to leave them here I’ll answer if I have the time. Thank you and I hope you have a lovely day. 

P.S. Untuk teman-teman yang menanyakan contact personal-ku berupa LINE maaf aku belum bisa kasih. Silakan comment di sini saja ya jika butuh bantuan karena kalau di sini yang lain selain aku juga bisa jawab seandainya aku telat atau nggak bisa jawab atau melalui DM Instagram @salsashf. Terima kasih dan mohon pengertiannya, ya. :)





Share:

272 komentar:

  1. Maksud soal menghitung jumlah kubus seperti apa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bantu jawab, menghitung jumlah kubus yang ditumpuk sedemikian rupa namun dishoot (READ: tangkapan gambar) hanya dalam satu angel saja.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. kak mau tanya yang di maksud sistem gugur selama kurun waktu 30 bulan itu apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi usahakan selama 30 bulan ipk/nilai akhir semester jangan di bawah 2.75 kalau dibawah itu ya kamu tidak bisa melanjutkan semester berikutnya atau kurang lebih ya gugur...

      Hapus
  4. Wahh makasih banyak ya ka buat infonya :)

    BalasHapus
  5. Maksud non gelar itu gmn ya? Apa tidak dpt gelar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi cuma dapet ilmu, Tapi gak dapet gelar Sarjana

      Hapus
    2. non gelar maksudnya, 30 bulan belajar di bca lalu untuk mendapat gelar sarjana tinggal lanjut diuniversitas terkait (ppa/ppti)

      Hapus
    3. Jadi buat dapet gelar sarjana tinggal lanjut di univ terkait tapi ga diulang dari awal kan ya?

      Hapus


  6. Hay kak,aku mau nanya tentang salah upload. Aku ngisi pendaftaran online tetapi aku salah ngeupload foto malah foto gaya soalnya aku nyari pas foto ukurannya besar semua,apa msh bisa di proses sm bca nya ga ya ka?makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mentari kamu kan pake foto non formal , udah dipanggil buat tes psikotes 1 belum ?

      Hapus
  7. kak mau tanya, kan itu PPA Non Gelar. lha itu maksudnya gimana ya kak ??
    Please bales ya kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak dapat gelar karena BCA bukan lembaga pendidikan yang bisa ngasih gelar.

      Hapus
  8. kak maksudnya yg upload file rapor itu tata cara pengisian nilainya gmn kak ? msh bingung soalnya

    BalasHapus
  9. makasih buat artikelnya ya kak!:)

    BalasHapus
  10. Kak mau tanya dong, mungkin kakak bisa jawab. Boleh gak yaa kita daftar ppa bca di dua kota seleksi berbeda? Apakah nanti ada sistem gugur seleksi?
    makasih

    BalasHapus
  11. Kak maksudnya sistem gugur dalam kurin waktu 30 bulan itu gmna ? Makasih

    BalasHapus
  12. Helen aganis purba18 Oktober 2016 pukul 08.33

    Makasih kak infonya
    Termotifasi sekali membacanya
    Semoga bisa mengikuti jejak kakak amin

    BalasHapus
  13. Thanks infonya
    Alhamdulillah aku dipanggil seleksi psikotes semoga aja nasib aku bisa seberuntung kamu amin

    BalasHapus
  14. Klo tempat tinggal dan biaya hidup apa juga ditanggung oleh BCA?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah tempat tinggal masing-masing (akomodasi kan sudah dari uang saku setiap bulan tinggal ngatur sendiri aja lagi).

      Hapus
    2. uang saku dari BCA dan biaya hidup disana per bulan berapa ya kak?

      Hapus
  15. makasih ka udah share pengalamannya :)
    sampai terharu bacanya, semoga bisa cepet nyusul ka aminnn :)

    BalasHapus
  16. Kak, domisili itu maksudnya gimana ya? Aku mau ikut ppa 2017. Kok aku buka cuman ada 3 tempat yaitu jakarta ambon sama jayapura. Apa benar kak? Surabaya ada nggak kak?

    BalasHapus
  17. Itu berarti yg di surabaya uda di tutup, karena pendaftaran di tutup 2 minggu sebelum seleksi selanjutnya kak,

    BalasHapus
  18. Kak, terimakasih ya atas postinganya, saya sangat bersyukur banget atas semua yang diberikan tuhan kepada saya.walaipun saya selalu gagal saya selalu berusaha untuk mendapatkan yang terbaikk.Tuhan selalu memberikan jalan buat saya,,saya sudah mendaftar di ppti bca semoga saya bisa masuk test psikotestnya..Aminnnn

    BalasHapus
  19. Kak boleh minta kontaknya buat nanya-nanya?saya orang banjarbaru

    BalasHapus
  20. kak di tahap kedua tahun kemarin ada test onlinenya gak kak?? kok tahun ini tahap 2 nya ada test onlinenya yaa?? jadi gak tau gamabaran buat testnya gimana :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Zahara kamu lolos ke psikometri online juga? Udah ngerjain blm? Batas waktumu sampai kapan?

      Hapus
    2. Maaf aku maunanya, km dpt pengumuman lolos psikotes 2 brp lama ya?

      Hapus
    3. Zahara, Sarah, Tia kalian sdh psikotes online itu? itu kira2 pengumumannya berapa lama trs gambaran tesnya kaya gimana ya? makasihh

      Hapus
  21. Kak, dari 2 orang yg lolos intr. 2 ,yg lolos hanya 1?

    BalasHapus
  22. Tiara , sarah kalian ikut tes PPA dimana ? Jakarta bukan? Ada contact gk? Email aku thrsaureliaiueo@gmail.com tlg email ke aku ua

    BalasHapus
  23. kak aku gabisa upload foto dan nilai rapot itu kenapa yaaa?

    BalasHapus
  24. hai kak salsabila:D nama kita samaan nih beda belakang doang hehe, bisa minta kontak personalnya ga kak? mau nanya2 nih hehe

    BalasHapus
  25. thanks for informasi nya. saya lolos sampai interview tahap 1. dan masih menunggu pengumuman. :) smoga lolos sampai akhir, aamiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi aku chessy,aku jg br aja ikt interview 1 ..km dksh tau g brapa lama pengumumanny? Tx

      Hapus
    2. Hi aku chessy,aku jg br aja ikt interview 1 ..km dksh tau g brapa lama pengumumanny? Tx

      Hapus
    3. Hai chessy.. km udh smpe tahap mana nih skrg?

      Hapus
  26. Kaa.. Tes psikotes tahap 2 yg pake tes online itu gimaana ya kak? Kasih gambaran dong :(

    BalasHapus
  27. Kaa.. Tes psikotes tahap 2 yg pake tes online itu gimaana ya kak? Kasih gambaran dong :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku cuma ngasih gambaran tes yang sudah kulewati, kalau nggak ada di review berarti aku nggak dapat tes itu ya.

      Hapus
  28. kak, maksudnya interview lewat skype itu gmna? jadi kita ke kantor BCA tpi di interview nya lewat skype gitu?

    BalasHapus
  29. Selamat malam ka,,, Maaf ka, kalo saya ganggu. Saya mau bertanya, boleh????
    Mohon di balas ya ka,,,! Saya kan dapat panggilan psikotes 1 hari kamis tgl 29 des 2016 besok, terus pakaian nya kan bebas yg penting rapih dan sopan. Nah kalo pakai celana jeans baju kemeja bebas panjang, boleh ka???? Terus kan saya sebelumnya tgl 22 des'16 dapat email dari tim rekrutmen ppa/ppti bca terus saya balas email tentang konfirmasi kehadirannya pas tgl 25 des'16, nah itu tetap terdaftar mengikuti psikotes di hari kamis atau tidak ya ka? Soalnya di web nya konfirmasi kehadirannya 1x24 jam setelah mendapat sms atau email ka. Sekali lagi mohon info nya ya k. Terima kasih

    BalasHapus
  30. Selamat malam ka,,, Maaf ka, kalo saya ganggu. Saya mau bertanya, boleh????
    Mohon di balas ya ka,,,! Saya kan dapat panggilan psikotes 1 hari kamis tgl 29 des 2016 besok, terus pakaian nya kan bebas yg penting rapih dan sopan. Nah kalo pakai celana jeans baju kemeja bebas panjang, boleh ka???? Terus kan saya sebelumnya tgl 22 des'16 dapat email dari tim rekrutmen ppa/ppti bca terus saya balas email tentang konfirmasi kehadirannya pas tgl 25 des'16, nah itu tetap terdaftar mengikuti psikotes di hari kamis atau tidak ya ka? Soalnya di web nya konfirmasi kehadirannya 1x24 jam setelah mendapat sms atau email ka. Sekali lagi mohon info nya ya k. Terima kasih

    BalasHapus
  31. Selamat malam ka,,, Maaf ka, kalo saya ganggu. Saya mau bertanya, boleh????
    Mohon di balas ya ka,,,! Saya kan dapat panggilan psikotes 1 hari kamis tgl 29 des 2016 besok, terus pakaian nya kan bebas yg penting rapih dan sopan. Nah kalo pakai celana jeans baju kemeja bebas panjang, boleh ka???? Terus kan saya sebelumnya tgl 22 des'16 dapat email dari tim rekrutmen ppa/ppti bca terus saya balas email tentang konfirmasi kehadirannya pas tgl 25 des'16, nah itu tetap terdaftar mengikuti psikotes di hari kamis atau tidak ya ka? Soalnya di web nya konfirmasi kehadirannya 1x24 jam setelah mendapat sms atau email ka. Sekali lagi mohon info nya ya k. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu jd gimana? Ada namamu gak di daftar hadir pas test psikotes nya?

      Hapus
  32. Kak waktu interview 2 di suruh bawa cv sama surat lamaran kerja ga ka?

    BalasHapus
  33. Kak salsa, boleh minta id line/ig? Aku mau tanya2 boleh?

    BalasHapus
  34. Surat dispen gak masuk sekolah nya karena ikut tes PPA nya gimana?

    BalasHapus
  35. hai kak, setelah 5 bulan nunggu (wkwk) hari ini aku dapet email, nervous banget padahal barusan dapet email buat psikotest juga :( kak diambil 25 org psikotest ke 2 itu buat batch kakak aja atau gimana? soalnya test di provinsi ku dibagi 3 batch, terus kakak yg diambil 3 org untuk interview itu diambil dari batch kakak juga atau dari keseluruhan semua mua muanya? hehee makasih kak ^^ btw wish me luck yaaa immm sooo nervousss ehehehehehe

    BalasHapus
  36. basiswa bca ini ada setiap tahun atau hanya tahun tertentu aja ya? mohon informasinya

    BalasHapus
  37. klo kita masi sma gimna? lanjut ke perguruan tingginya ka?

    BalasHapus
  38. Mau tanya kalau pengisian rapot itu sesuai yang ada di atas dan di bawahnya kan? Trus misalnya ada 3 pelajaran yg tdk di pelajari lg apakah di kosongkan saja pengisiannya terima kasih

    BalasHapus
  39. Mau tanya kalau pengisian rapot itu sesuai yang ada di atas dan di bawahnya kan? Trus misalnya ada 3 pelajaran yg tdk di pelajari lg apakah di kosongkan saja pengisiannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Kalau masalah yang seperti itu bisa langsung tanyakan ke pihak pendaftaran saja ya aku kurang ngerti.

      Hapus
  40. kalau mau dapat gelar s1 gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini BCA bekerja sama dengan beberapa universitas swasta untuk mendapatkan gelar S1, jadi kita juga ngambil beberapa matkul di universitas tsb.

      Hapus
    2. Universitas apa ka? Berapa tahun pendidikan di universitas itu?

      Hapus
    3. Dalam 30 bulan masa pendidikan juga. Pagi kuliah di BCA Senin-Jumat, malam/hari Sabtu kuliah di Univ. Tapi untuk kelulusan Univ. (+Wisuda) tetap ngikutin kebijakan Univ. bukan 30 bulan seperti dari BCA.

      Hapus
  41. Ka mau tanya ppa/ppti bca pendaftarannya dibuka tiap bulan apa ya per tahunnya ? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. FAQ (http://karir.bca.co.id/informasi/faq-ppa-ppti-bca-2017/) Pendaftaran sekarang dilakukan secara online, sehingga tidak ada jam dibuka atau ditutup pendaftarannya. Peserta dapat memilih kota seleksi untuk psikotes terdekat dengan domisili Anda. Apabila proses seleksi di kota tersebut telah dilakukan dan diproses maka akan kami hilangkan dari opsi pilihan kota seleksi. Peserta dapat memilih pilihan kota seleksi lainnya yang masih tersedia dikolom kota seleksi. Peserta perlu memperhatikan jadwal tes psikotes di kota seleksi pilihan Anda melalui web http://karir.bca.co.id/informasi/jadwal-psikotes-beasiswa-ppappti-periode-2016-2017-kota-kota-di-indonesia/.

      Hapus
  42. ga tau kenapa kok nangis yabaca blognya :v XD

    BalasHapus
  43. Aku belum psikotes sama sekali tapi kok udah disuruh ngerjain tes online yah? Tolong infonya yg tau. Makasih

    BalasHapus
  44. Abis dari tes online ada pengumuman lagi buat ikut psikotes 1, contohnya kayak aku, mudah2an aku bisa mengikuyi jejak kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi info kak, tes online psikotes nya gimana ya utk soal2ny? Trs berapa hari dapet panggilan lagi setelah tes online?

      Hapus
  45. Saya dipanggil ikut psikotest kedua kak, tips and trik dong

    BalasHapus
  46. PPA sama PPTI Domisili jakarta yg ikut psikotest 1 dan 2 tanggal 1 febuari 2017 komen dong XD

    Balas

    BalasHapus
  47. Yang tes di Malang udah dapet pengumuman interview belom?

    BalasHapus
  48. Yg domisili surabaya udh dpt pengumuman interview blum?

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Yang di domisili jakarta yang test bulan febuari udh pada dapet panggilan interview belum?penasaran nihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanggal berapa psikotestnya?

      Hapus
    2. Test online gimana aja? Plis kasih pencerahan😢

      Hapus
  51. Hai kak.. aku udh sampai tahap tes kesehatan nih.. kira2 kemungkinan lolos ga ya kak? Thx ^^

    BalasHapus
  52. Hai.. aku udh smpe tahap medical check up kak.. apakah kemungkinan besar lolos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ka jeconia untuk rankaian medical chek upnya seperti apa ka?

      Hapus
    2. Ka jeconia untuk rankaian medical chek upnya seperti apa ka?

      Hapus
  53. Kak mau tanya, kalo pendaftarannya itu setelah lulus? Tapi kalo masih kelas 11 bisa daftar? Mohon di jawab ya kak. Terima kasih:)

    BalasHapus
  54. Ka untuk medical chek up biasanya itu di test disananya apa kita test sendiri ka? Terus medical chek upnya kayak gimana ka hehe tolong dijawab ya ka😊 doakan semoga menyusul ka hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rontgen, tes urine dan darah, mata, dll. Untuk tempatnya di lab. yang sudah direkomendasikan oleh BCA.

      Hapus
  55. Kak yang buat thn 2018 beneran dah dibuka yaa? Boleh minta sarannya,mending daftar pas bulan bulan apa gitu ya? Awal2 tengah apa akhir? Rata2 raportnya byk yg bagus ya? Soalnya aku krg pd sm rata2 smster 3, cuma 86-_-

    BalasHapus
  56. Kak, mau nanya, kok pas daftar udah diisi semua tapi nggak bisa di "apply". Maksudnya dipencet apply gk terjadi apa2. Itu gmna ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab
      Itu krn ada data yg blm kmu isi

      Hapus
  57. kak mau nanya, nilai akhir itu rata2 ijazah atau skhun? soalnya di skhun ku cuma nilai un . kalau di ijazah itu adanya rata2 nilai raport dan nilai ujian akhir sekolah. aku bingung nilai yg mana. mohon dibalas ya kak. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab
      Lihat di ijazah ada nilai raport rata2

      Hapus
    2. Ka keren jadi nilai rata2 yg di pendaftaran itu nilai rapot smtr
      1-5 ka??

      Hapus
  58. kak, mau tanya dong. uang saku perbulannya itu berapa ya kak? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang etis ya kalau sebut angka, yang pasti sangat sangat sangat lebih dari cukup. :)

      Hapus
  59. kak kalo pengisian rapor nya gimana , soal nya di rapor aku nilai produktifnya ga sama semua , semeester satu ada 4 produktif semester 2 ada 3 produktif nah semester 3 ada 5 produktif gimana tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Kalau masalah yang seperti itu bisa langsung tanyakan ke pihak pendaftaran saja ya aku kurang ngerti.

      Hapus
  60. Kak, saya kan tamatan tahun ini, nilai UN nya belum keluar, jdi saya isi pas pendaftaranya belum lulus SMA atau sudah lulus SMA kak ?

    BalasHapus
  61. Kak, saya kan tamatan tahun ini, nilai UN nya belum keluar, jdi saya isi pas pendaftaranya belum lulus SMA atau sudah lulus SMA kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sudah bisa daftar ya? Setahuku pendaftaran peserta didik angkatan 2018 baru dibuka mulai bulan Juli 2017 nanti.

      Hapus
  62. Kak susah ga sih kak pelajarannya? Trus kalo misalkan kita gugur di tengah jalan masih bisa lamar di bca kah? Selain ppa bca. Kyk bakti bca atau yg lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelajaran seperti kuliah biasa kok cuma kita di sini cepat (bisa dibilang akselerasi), jadi nggak susah selama bisa manage waktu dan diri. IMO, masih bisa daftar di beberapa case ya, kalau DO yang kurang terhormat mungkin nggak bisa daftar. Tapi jangan mikirkan yang begitulah, pasti bisa. :)

      Hapus
  63. Kak mksdnya angkatan 2018 itu buat kita yg daftar tahun ini ya kak?

    BalasHapus
  64. Ka kalau kerugiannya non gelar tuh apa ya? Apakah kita bakal susah buat kerja?

    BalasHapus
  65. Kak, aku baru lulus dan blm dapat nilai rapot semester 6. Tapi aku uda isi formulir pendaftaran dan nilai semester 6 aku kosongi. Aku bener2 lupa kak. Jadi aku harus gimana?

    BalasHapus
  66. Ka sekarang aku mau naik kls 12, apa udah bisa daftar buat tahun ku ? Aku bingung 2018/2019 untuk yg kelas 12 sekarang apa gimana?

    BalasHapus
  67. Ka, aku udah daftar tahun ini, dari bulan april kemarin dengan form yang 'belum lulus SMA' karna rapot semester 6 ku belum keluar, nah tapi belum ada balesan dari pihak bca nya, terus sekarang kan nilai smster 6 ku udah ada, boleh ga aku daftar lagi pake form 'sudah lulus sma' ?
    Mohon pencerahannya ka :)
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau soal pendaftaran yang seperti bisa tanyakan ke pihak BCA langsung ya.

      Hapus
  68. Kak mau nanya nanti misal kita udah lulus itu kuliahnya dimana? apa diseliruh cabang bca itu kita kuliahnya?Apa biaya akomodasi kita ketempat bca di bayarin oleh bca?? Terus katanya ppa/ppti bca br dibuka juli nanti, tp buktiny aku bisa daftar?? Itu gimna gak. 😊😊😊😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di BCA LEARNING INSTITUTE, Sentul. Kan sudah kusebutkan di atas. :)

      Hapus
  69. Maaf ka saya mau tau apakah menjadi mahasiswa ppa itu sulit? Saya baca dari website2 yg lain ternyata banyak juga yg gagal jadi mahasiswa ppa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sulit kalau kamu mikirnya sulit. Gampang kalau kamu mikirnya gampang dan terus mau belajar. :)

      Hapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  71. yang dari jo0gja ada gak nih??? dm sini dong

    BalasHapus
  72. kak kalau seandainya gugur kita ttp bisa kerja di bca atau ga?

    BalasHapus
  73. Pendaftran th 2017 ini kpn kak ?

    BalasHapus
  74. Kak mau nanya kok ada yang udah di tahap medical chek up bukannya pendaftarannya bukanya juli yah kak tertulis di wabnya?

    BalasHapus
  75. Kak mau nanya kok ada yang udah di tahap medical chek up bukannya pendaftarannya bukanya juli yah kak tertulis di wabnya?

    BalasHapus
  76. Hi kak, mau nanya dong aku kan udah daftar pas aku mau isi form raport aku isinya yang SMK lulus karena emang aku udah lulus tapi belum terima ijazah dan nilai raport semester 6, jadi yg semester 6 aku kosongin. Itu gapapa kan? Thx

    BalasHapus
  77. Ka aku mau tanya aku baru lulus tahun skarang tp rapot sama ijazah ny blm keluar
    Kalo cuma lampirin rapot semester 4 aja bisa ga ka?

    BalasHapus
  78. Oiya emang pendaftaran ny yg bener buka ny kapan si ka??

    Waktu aku tanya k cabang bca ny si kata ny ga berbatas waktu, bisa kapan aja

    BalasHapus
  79. Maaf sebelumnya mau bertanya untuk seleksi BCA tidak memandang mana yg berjilban atau engga kan? Semua sama kan antara berjilbab dan engga?. Dan kalau boleh tau rata2 rapor berapa waktu mendaftar? Mohon respon ya dan Terima kasih yaa :)

    BalasHapus
  80. Kak, nilai UN jadi bahan pertimbangan juga atau tidak? Terima kasih :)

    BalasHapus
  81. Kak, untuk pembelajaran setelah diterima nanti pakai bahasa Inggris atau Indonesia ya kak? Pertanyaan ini untuk make sure aja sih kak hehe InsyaAllah saya daftar yang tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembelajaran lebih ke Indonesia, cuma buku pengantar kebanyakan berbahasa Inggris.

      Hapus
  82. Kak, yg dipakai untuk nyisi nilai rata2nya paki nilai UN/pakai nilai rata2 rapot kk. Saya lulusan tahun ini kk

    BalasHapus
  83. Aku baru daftar ppanya waktu upload berkas sm foto ada notif "please match the request format" padahal aku udah upload formatnya sesuai tp aku kena kendala disitu jadii gbsa lanjutin proses pendaftaran. tolong bantuannya tksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga ngalamin yg sama, semua data udah diisi dan foto juga udah kurang dr 300kb tp tetep muncul notif "please match the request format". mohon pencerahannya

      Hapus
  84. Apa harus bisa bahasa inggris kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata buku pengantar PPA/TI pakai bahasa Inggris jadi ya lebih bagus lagi kalau kitanya bisa bahasa Inggris.

      Hapus
  85. ini pemannggilanya emg agak lama ..tergantung kuota tempat kamu daftarnya kan

    BalasHapus
  86. Alhamdulilah kak, kalo kakak bisa insyaallah saya juga. Minta doanya semua, semoga semuanya bisa aamiin aamiin yaAllah. Yg mau ikutan PPA2017 bismillah semoga kita ketemu😊

    BalasHapus
  87. aku 17 juni kmrn baru ikut psikotest 1 & 2, trs hari ini di sms bca katanya lamaran aku gabisa di proses. kalo aku daftar lg dr awal bisa ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku barusan daftar 16 juni kemrin, tp belum dpt pemberitahuan lg dari bca, kira2 kapan ya dipanggilnya?

      Hapus
  88. kak mau tanya, yang bisa bantu jawab juga gapapa. Gini kak, kan aku juga baru ingin daftar, masi kelas 12 ini, dan aku ngambil form SMK belum lulus. Kok aku bingung cara ngisi bagian nilai rapot nya ya, karna pelajaran produktif per semester juga gak sama, gimana nih kak? Tolong dijawab ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukan mapel yang selalu ada. Kalau memang (misal) lintas minat yang dari dua jadi satu mapel doang pakai yang terus kepakai aja.

      Hapus
  89. Kak, utk yg medical check up nya kan diperiksa mata jg, ad ketentuan batas minus mata nya ga?

    BalasHapus
  90. Kak ,utk yg medical check up nya kam diperiksa mata jg, ad ktentuan batas minus mata nya ga kak?

    Mohom balasannya ya kak :D

    BalasHapus
  91. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  92. Daftarnya harus ada ktp kak?

    BalasHapus
  93. Kak kalo lulus tes nya trs kuliah nya mulai bulan apa ? kalo kakak kemarin mulai kuliah nya bulan apa ?

    BalasHapus
  94. Kak pas interviewnya kita ngobrol pake bahsa inggris atau indonesia ya?/ Makasih kak

    BalasHapus
  95. Halo Kak Salsa, aku mau tanya, cari tempat kost di sana kok susah ya kak, semuanya pada jauh-jauh dari BLI. Kalo boleh tau, kakak waktu kuliah, kost, sewa rumah, tinggal di rumah saudara, atau pake shuttle bus kak? Terimakasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak jauh-jauh banget kok sekarang, sudah mulai banyak kost-kostan di daerah BLI. :)

      Hapus
    2. Yang paling terdekat dan murah di daerah mana ya kak, sepengetahuan kakak?
      Kakak waktu kuliah nge-kost atau pulang pergi? Terimakasih kak:)

      Hapus
  96. Ka,kalo misalkan kita kena DO di BCA. Abis itu kita mau daftar ke PTN,itu ngaruh kita diterima/enggak nya gak si di PTN itu gara gara DO?

    BalasHapus
  97. Ka emang bener ya kebanyakan yang di terima di bca itu orang orang cina?

    BalasHapus
  98. ka ada line nya? aku mau tanya cara isi format pendaftarnya kok aku gabisa diupload yah

    BalasHapus
  99. trus ngisi fill rt rw sm kota nya gabisa gitu

    BalasHapus
  100. Pas nge apply data itu bakal ada tulisannya berhasl or apa gt ato emg gakada ? Soalnya aku apply data gaada tulisan apa2 eh aku refresh datanya ilang tolong dijawab ya

    BalasHapus
  101. Makasih kak udah berbagi pengalaman. Makasih juga udah ngasih jawaban pertanyaanku lalu. Mau tanya lagi nih kak, kan sekarang ada tes online juga.. Nah itu kayanya psikotes kak, contohnya gimana ya kak? Perlu banget persiapan khusus atau gimana nih kak? Kalau boleh, minta id line atsu apalah yang bisa dihubungi, mau tanya tanya. Kalau pake email kurang cepet kak. Makasih,

    BalasHapus
  102. kak, aku mau tanya kalo aku udah apply nilai2 aku semuanya. ternyata ada yang salah penulisan. bagaimana? aku ulang lagi atau gmn ya? huhu. mohon di bales ya

    BalasHapus
  103. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  104. kak numpang nanya tentang ppa ppti bca dong..
    saya kan udah daftar ppti bca, nah pas daftar ada kolom nomor ktp, umur ane baru 15 thn jd blom ada ktp, jadi ane isi strip "-" doang (ane searching ternyata isi nomor kartu keluarga apalah).
    nah menurut kakak apa yg hrus ane lakukan..udh 1 bulan blom ada kabar dsuruh ikut tes online ato nggak..apa ane harus daftar lgi ato nunggu ato langsung tanya via email bcanya langsung?
    oh ya satu lagi (maaf banyak nanya hehe) kan pas pendaftaran ada form nilai rapot, nah di sekolah ane pas kelas 10 ada mapel bahasa inggris minat, sedangkan pas kelas 11 nggak ada lagi mapelnya, jadi ane isi 0 deh di baris kelas 11. Ngaruh gk ya?
    mohon pencerahannya.. makasih

    BalasHapus
  105. Kak, bisa Gak ya daftar 2 kali ?

    BalasHapus
  106. Aku mau daftar lagi karna Kemaren aku Ngirim e-mail yang salah, bisa Gak kak?

    BalasHapus
  107. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  108. halo kak mau tanya kan di bca sekarang ada pembukaan untuk magang bakti, ppa, dan ppti nah itu hanya boleh memilih salah satu?apa boleh didaftarkan semua?

    BalasHapus
  109. Kak habis lulus dari ppa bisa kerja di bca apa gimana? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, asalkan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.

      Hapus
  110. kak tanya,kan 2017 baru diadain tes online, nah soal tes online assessment nya itu apa sama spt tes psikologi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku cuma ngasih gambaran tes yang sudah kulewati, kalau nggak ada di review berarti aku nggak dapat tes itu yha jadi aku nggak tahu kayak gimana tesnya.

      Hapus
  111. Kak, daftar ppa bca itu pas kelas 3 atau pas lulus yah?

    BalasHapus
  112. Ka tolong banget dong ceritain test kesehatan itu kayak gimana aja rincinya, selain tb bb rongsen tensi dsb apa lagi?? Jawb ya ka

    BalasHapus
  113. Kakk, aku mau tanya. untuk Medical Check Up yang mata ada ketentuan minusnya gak? trus ada tes online dulu kak sebelum tes tertulis. dari bbrp blog yang aku baca mereka gak cantumin tes online, langsung ke tes psikolog. aku bingung, apa emang peraturannya sudah beda? trs di tes online semua soalnya memakai waktu yang menurut aku singkat sekali-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. hay pertanyaanmu ada di blog aku, yuk mampir
      www.duniapelajaar.ga

      Hapus
  114. hay post km bagus.. jgn lupa mampir ke blog aku ya
    www.duniapelajar.ga ---> share tentang pengalaman PPA PPTI juga

    BalasHapus
  115. ka mau tanya kalau test inteview itu pake bahasa indo apa inggris ? terimakasih

    BalasHapus
  116. kalo nilai rata2 tuh yang mana yah? skhun atau ijazah

    BalasHapus
  117. I believe if one door closes, God will open another door as long as I keep moving forward. We plan, Allah also plans. He has a bigger plan for me than I had for myself: I might not get what I want, but I believe I get what I need.



    ADUH SUKA BGT SAMA CAPTION INI. ♥

    BalasHapus
  118. Kak, nilai mtk nya dipakai yang mana ya? Soalnya disekolah aku ada matematika wajib sama matematika peminatan (karena aku ipa) jadi yg dipakai yang mana ya? Atau dua duanya di rata ratain?

    BalasHapus
  119. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  120. Kak, mau nanya, kalau misalkan udah nyampe tes interview 2, tes kesehatannya diumumin lewat apa? Telepon juga atau lewat web? Trus umuminnya Berapa hari setelah tes interviewnya?

    BalasHapus
  121. assalamualikum kak....mau tanya
    kalau sudah lolos PPA sampai tahap interview dan misalkan ketrima, trus kita mundur, apa dikenakan denda ??? terima kasih :)

    BalasHapus
  122. Assalamualaikum. kak saya sdg duduk di kelas 12 smt 1. mohon di jawab untuk pengisian ipk akhir/nilai rata-rata pada form registrasi. yang dimaksud itu adalah rata-rata gabungan dari smt 1-4 atau hanya rata-rata smt 4? mohon dijawab! terimakasih

    BalasHapus
  123. Assalamualaikum. kak saya sdg duduk di kelas 12 smt 1. mohon di jawab untuk pengisian ipk akhir/nilai rata-rata pada form registrasi. yang dimaksud itu adalah rata-rata gabungan dari smt 1-4 atau hanya rata-rata smt 4? mohon dijawab! terimakasih

    BalasHapus